Tiap Bulan, PMI Sleman Penuhi Kebutuhan 800 Kantong

SLEMAN (KRjogja.com) –  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman mencatat, setiap bulan permintaan darah mencapai 800-1.000 kantong. Padahal, jumlah pendonor tetap di Sleman baru 0,8 persen dari total penduduk.
‪‬

"Kami juga terus lakukan pendekatan terhadap organisasi yang sudah menjadi pendonor tetap. Seperti kepolisian, TNI hingga instansi pemerintah maupun swasta. Itu kami lakukan guna mencapai target 1,2 pesen pendonor tetap di Sleman," kata Ketua PMI Sleman Sunartono dalam syawalan di RM Pring Sewu, Rabu (20/07/2016).

Dia menjelaskan golongan darah AB mengalami kesulitan karena pemilik golongan darah AB memang termasuk sedikit. Guna memenuhi permintaan darah AB, PMI Sleman kerap mengambil dari Kota Yogyakarta. "Bahkan sampai Klaten Jawa Tengah. Kita memang selalu komunikasi antar daerah. Sebab kebutuhan darah antar daerah pasti berbeda-beda," tegasnya.

Dia menjelaskan jumlah pendonor tetap di Sleman baru mencapai 0,8 persen dari jumlah penduduk Sleman sebanya 1,1 juta penduduk. PMI Sleman terus menggalakan kegiatan kepalang merahan agar kesadaran masyarakat untuk terlibat dan menjadi pendonor tetap terus meningkat. (Awh)

BERITA REKOMENDASI