Tiga Arkeolog Siap Ajak Obama “Selami” Prambanan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rencana kunjungan rombongan Barrack Obama ke Candi Prambanan yang kemungkinan besar direalisasikan Kamis (29/6/2017) esok ternyata mendapat sambutan serius dari pihak PT Taman Wisata Candi (TWC) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY. Meski meyakinkan tak ada hal spesial yang disiapkan untuk presiden AS ke-44 tersebut namun, TWC dan BPCB bakal menyiagakan tiga arkeolog untuk mendampingi kunjungan wisata Obama dan keluarga.

KRjogja.com berkesempatan berbincang dengan ketiga arkeolog BPCB DIY yang bakal menemani Obama berkeliling kompleks Candi Prambanan di kantor TWC Prambanan, Rabu (28/6/2017). Ketiganya merupakan arkeolog senior di BPCB DIY dan memiliki rekam jejak mendampingi tamu spesial seperti Pangeran Charles hingga Wapres Jusuf Kalla.

Manggar Sari Ayu Wati, Ary Setyastuti dan Wahyu Astuti merupakan tiga arkeolog senior yang mengaku sudah siap mendampingi keluarga Obama berkeliling Prambanan. Manggar Sari bahkan sudah siap memberikan informasi lengkap pada Obama tentang sejarah hingga perkembangan renovasi candi pasca gempa besar tahun 2006 lalu.

"Saya pribadi memang baru tahu kemarin dan siaga di Prambanan sejak hari ini karena ternyata kunjungannya tentatif (belum pasti) dan ternyata besok Kamis (29/6/2017) jadi ya siap saja karena ini tugas pekerjaan. Nanti mungkin kami bakal jelaskan riwayat candi termasuk saat gempa besar 2006 dan setelahnya, tapi kami menyesuaikan saja nanti ketertarikan beliau ke mana," ungkap Manggar.

Senada dengan Manggar, Ary Setyastuti dan Wahyu Astuti juga siap menemani mantan orang nomor satu AS tersebut berkeliling kompleks candi yang juga salah satu World Heritage ini. "Kami tahu juga Obama bisa sedikit Bahasa Indonesia jadi mungkin lebih mudah nanti menjelaskan, dan dia juga pernah tinggal di Yogyakarta jadi mungkin sudah banyak tahu Prambanan," imbuh Wahyu Astuti.

Namun demikian bila memiliki kesempatan mendampingi Obama, ketiga arkeolog tersebut kompak ingin menyampaikan sejarah Prambanan yang menyiratkan kerukunan dan kebhinekaan peradaban Nusantara di tahun pembuatan Prambanan yakni 1200 Masehi.

"Kami harus sampaikan kerukunan beragama kita, Candi Prambanan menceritakan akulturasi Hindu dan Budha, ini sangat luar biasa. Kerukunan dan kerja keras juga kearifan lokal inilah yang menjadi kekuatan bangsa hingga dan sudah tertuang sejak tahun 1200," lanjut Ary Setyastuti.

Selain itu ada satu lokasi menarik yang bakal ditunjukkan tig arkeolog pada rombongan Obama yakni Monumen Gempa yang ada di kompleks inti candi. Di monumen ini ada satu bagian puncak Candi Apit Utara yang roboh saat gempa dan sangaja tak dikembalikan sebagai pengingat bencana tersebut. Kunjungan Obama ke Prambanan sendiri hingga hari ini belum bisa dipastikan. Menurut informasi terakhir, rombongan Obama bakal mengunjungi Borobudur terlebih dahulu baru ke Prambanan pada esok hari. (Fxh) 

 

BERITA REKOMENDASI