Tiga Siswa SMPN 4 Pakem Raih Penghargaan di Korea

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penelitian yang dilakukan Fathan Nasrulah Tavrialdi, Rizki Hannun Santoso dan Hamka Andika Putra, siswa SMPN 4 Pakem Sleman tersebut berhasil mengantarkan mereka meraih penghargaan Spesial Award pada ajang 'Expo Science Asia 2018' di Daejeon, Korea Selatan 18-23 Oktober 2018.

"Even internasional ini diikuti sebanyak 31 negara. Adapun kegiatannya berupa pameran produk dan hasil penelitian. Disana, ketiga siswa kami ini juga memaparkan secara umum tentang penelitiannya. Dimulai dari bahan utama biji jarak dan beberapa bahan alami ramah lingkungan yang ada disekitar, maka jadilah sebuah produk pestisida untuk membunuh beberapa jenis ulat dan kecoa tetapi tetap aman bagi lingkungan, tanah dan manusia," terang Kepala SMPN 4 Pakem, Ponidi SPd di sekolahnya, Jumat (26/10/2018).

Sebelum berangkat ke Korea, tim SMPN 4 Pakem dibawah bimbingan Eky Rakhmawati SSi mengikuti training center yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Namun sebelum melangkah ke Korea, siswa kami sebelumnya berhasil meraih medali emas untuk lomba Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tingkat nasional. Barulah ditraining di ITB dan UI Jakarta untuk kemudian maju ke Korea Selatan," imbuhnya.

Menurut Ponidi, tujuan dari penelitian ini untuk mencari komposisi yang paling tepat untuk membunuh beberapa jenis ulat dan kecoa tetapi tetap aman bagi lingkungan juga manusia. Mereka berharap dari penelitiannya ini dapat dimanfaatkan khususnya petani dan masyarakat secara mudah dan aman. (Adk)

BERITA REKOMENDASI