Tiga Tanah Wakaf di Sleman Terdampak Pembangunan Tol

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rencana pembangunan jalan tol di wilayah Sleman juga berimbas pada keberadaan tanah wakaf. Sejauh ini baru ada tiga bidang tanah wakaf di Sleman yang terdampak pembangunan tol. Seluruhnya adalah tanah wakaf yang saat ini difungsikan sebagai masjid.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Sleman Sa’ban Nuroni menerangkan, dua bidang tanah wakaf terdampak pembangunan tol Yogya-Solo. Sedangkan satu bidang tanah lainnya terdampak pembangunan tol YogyaBawen. Semua tanah wakaf yang terdampak pembangunan jalan tol saat ini berbentuk masjid, yakni Masjid Baitul Makmur di Kalasan, Masjid Latifah Al Jabbar di Depok, serta satu masjid di Pundong 3 Mlati.

”Untuk luasannya, kami masih mencari informasi. Kami juga masih mencari informasi terkait nazhir wakaf yang terdampak tol,” jelas Sa’ban.

Kemenag Sleman, lanjut Sa’ban, akan menelusuri apakah nazhir wakaf ini dari pihak perorangan atau organisasi. Jika nazhir sudah diketahui, nantinya nazhir bersama dengan Kemenag Sleman akan mencarikan pengganti tanah yang senilai dengan harga tanah dan bangunan sebelumnya.

Selain itu, harus difungsikan lagi sesuai dengan ikrar wakaf. ”Kalau lebih bagus ya lebih baik. Mau tidak mau tukar guling,” ujarnya.

Sa’ban menambahkan, ke depan tidak menutup kemungkinan, akan ada penambahan tanah wakaf yang terdampak tol. Bahkan bisa lebih dari tiga yang saat ini sudah terdata.

Sementara itu, Pelaksana Wakaf Kemenag Sleman Margono menambahkan, saat ini ada 2.812 tanah wakaf yang ada di Sleman. Jumlah tersebut, belum ditambahkan dengan tanah wakaf yang sudah terdaftar di tahun 2020.

”Tanah wakaf yang ada, mayoritas digunakan untuk masjid, perluasan makam, pondok pesantren, serta panti asuhan. Ada juga yang tanah wakaf produktif, untuk kos-kosan,” jelasnya.

Terpisah, Lurah Tirtoadi Sabari mengungkapkan, ada tiga masjid di wilayahnya yang terdampak pembangunan tol Yogya-Solo, Yogya-Bawen dan Yogya-Cilacap. Salah satunya adalah masjid yang berdiri di tanah wakaf berada di Dusun Pundong 3.

”Tiga masjid terdampak. Salah satunya tanah wakaf terdampak pembangunan tol Yogya-Bawen,” terangnya. (Aha)

BERITA REKOMENDASI