Tiga Terdakwa Kasus Susur Sungai Sempor Sleman Divonis 1 Tahun

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tiga terdakwa masing-masing Isfan Yoppy Andrian (37), Danang Dewo Subroto (58) dan Riyanto (58) dalam kasus susur sungai Sempor Donokerto Turi Kabupaten Sleman mendapatkan putusan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara. Ketiganya dinilai lalai saat menjalankan kegiatan Pramuka, sehingga menyebabkan 10 siswa meninggal dunia dan 5 siswa lainnya mengalami luka-luka. Hanya saja kuasa hukum salah satu terdakwa menilai putusan ini kurang objektif, karena ketiga terdakwa memiliki peran berbeda saat kegiatan Pramuka berlangsung.

Dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sleman yang diketuai Annas Mustaqim SH MHum menyatakan, ada hal yang meringankan dan memberatkan menjadi pertimbangan majelis hakim. Annas mengatakan, perbuatan terdakwa menimbulkan 10 orang meninggal dan 5 orang luka ringan. Selain itu, perbuatan terdakwa juga menyebabkan duka mendalam bagi keluarga korban. Para terdakwa dinilai kurang koordinasi dan tidak menerapkan manajemen risiko dalam kegiatan susur sungai itu.

Majelis hakim mempertimbangkan hal yang meringankan dari terdakwa, yaitu terdakwa merasa bersalah dan menyesal atas perbuatannya dan belum pernah dihukum. Pihak keluarga terdakwa juga memberikan santunan kepada para korban yang meninggal.

BERITA REKOMENDASI