Tim ITNY Juara 1 Paper CG – 2021, Pemanfaatan Teknologi untuk Eksplorasi Nikel

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali meraih juara 1 dalam Paper Competition Geodefest (CG) di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY). Pada kegiatan ini, juara 2 dan 3 diraih oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Berbekal ilmu dan data yang diperoleh dari Kerja Praktek di PT Geo Partner Mineral, Kendari Sulawesi Tenggara, Tim ini mengambil judul ‘Pengembangan Model Machine Learning untuk Eksplorasi Nikel Laterit pada Blok X, PT Geo Partner Mineral’. Tim ITNY diketuai oleh Unggul Prabowo, mahasiswa teknik Geologi angkatan 2017 dengan anggota Makruf Nur Hanafi dan Reza Krisnandi ITNY.

Dijelaskan, Geodefest sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SC MGEI – UPN Veteran Yogyakarta yang terdiri atas kegiatan seminar dan kompetisi paper bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. “Acara ini dilaksanakan secara virtual. Kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan abstrak dari berbagai perguruan tinggi kemudian diseleksi dan diambil 10 paper terbaik,” ujarnya, Rabu (08/09/2021).

Dosen Pembimbing, Obrin Trianda ST MT mengatakan, era digital ini, peran mahasiswa lebih aktif menciptakan hal baru untuk efisiensi kegiatan yang dikerjakan secara manual. Dalam presentasinya Unggul dan kawan-kawan menjelaskan tentang pemanfaatan teknologi untuk eksplorasi nikel laterit dengan mengklasifikasikan tanah hasil pelapukan batuan ultramafik dan non-ultramafik menggunakan pemrograman pyhton

“Terkadang di dalam eksplorasi nikel laterit timbul kesulitan dalam kebutuhan bagi perusahaan, seperti biaya tenaga lokal, jalan ke lokasi terputus, maka pengembangan selanjutnya menggunakan drone untuk membantu pengambilan sampel tanah,” tandas Unggul Prabowo. (Jay)

BERITA REKOMENDASI