Tim Pengabdi Unriyo Gelar Deteksi Masalah Kesehatan dan Pelatihan Kader Posbindu

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim pengabdi Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) mengadakan program pengabdian kepada masyarakat berupa deteksi masalah kesehatan dan pelatihan kader di Dusun Kadisoka Sleman. Ini merupakan langkah awal dalam program pembentukan Pos Binaan Terpadu (Posbindu).

Tim Pengabdi Unriyo diketuai oleh Adi Sucipto beranggotakan Desty Ervira Puspaningtyas dan Yunita Indah Prasetyaningrum. Program ini terselenggara melalui Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus oleh Kemendikbud Ristek Dikti.

Menurut Adi, deteksi masalah kesehatan diadakan pada 12 Juni 2022, meliputi pengukuran status gizi (berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut) dilanjutkan pengukuran tekanan darah dan biokimia darah yang terdiri dari pengukuran gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Adi menuturkan permasalahan kesehatan yang masih ditemukan di Dusun Kadisoka meliputi obesitas, hipertensi, tingginya kadar gula darah, asam urat dan kolesterol. Terlebih pola konsumsi sayur dan buah serta pola aktivitas fisik masyarakat belum dilakukan dengan optimal. “Kader merupakan garda terdepan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat,” ujarnya di Kampus Unriyo, Selasa (28/6/2022).

Desty Ervira menambahkan, pelatihan kader ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam menangani dan mencegah peningkatan kejadian Penyakit Tidak Menular (PTM), khususnya pada kondisi pandemi.

Kepala Dusun Kadisoka, Suradi menyambut baik kegiatan ini yang dinilainya bermanfaat dan dapat meningkatkan motivasi kader dalam menggerakkan pelayanan posyandu lansia yang ada di Dusun Kadisoka. Sementara Retna Susilawati, kader Dusun Kadisoka munuturkan, kegiatan ini semakin meningkatkan pemahaman para kader mengenai penanganan dan pencegahan penyakit tidak menular. (Dev)

BERITA REKOMENDASI