Tinggal Hari ini! Yuk Menilik 36 Museum di Mall

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Kebudayaan DIY mengadakan Gelar Potensi Museum selama 4 hari di Atrium Sleman City Hall (SCH) mulai dari 7 hingga 10 Agustus 2019.

Acara ini diikuti 36 museum dari seluruh wilayah DIY dengan mengusung tema dalam Naungan Merah Putih ‘Merangkai Artefak ke Indonesiaan’.

“Kita ingin mengangkat peranan-peranan dari masyarakat yogyakarta ataupun upaya-upaya yogyakarta khususnya dalam mencapai kemerdekaan. Itu kita rangkai, kita deskripsikan melalui sebuah artefak-artefak dari tiap-tiap museum itu sendiri,” kata Rudy Wijayanto selaku Staf Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY.

Menurut Rudy, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk lebih mempromosikan museum-museum yang ada di sekitar Yogyakarta. Menampilkan 2 kategori yaitu menampilkan storyline 21 meseum berlatar belakang sejarah dan 15 museum tematik.

Sub-tema pertama yaitu Yogyakarta dan Sejarah dengan menyuguhkan Arca Dewi Sri, Ampilan Dalem, Baju Tahanan Ki Hajar Dewantara, Mesin Sheet Reneo 250 hingga Wayang Beber Reformasi. Selanjutnya sub-tema kedua adalah Sumbangsih Yogyakarta dalam Kebhinekaan dan Kemajuan Indonesia berisi Wayang Beber Cerita “Remeng Mangunjaya” karya Mbah Ning, Kain Batik dengan Pengaruh Eropa, Contoh Bangunan Tahan Gempa, Miniatur Kapal KRI Dewa Ruci hingga menghadirkan Pojok Ekskavasi (wahana interaktif dan edukatif untuk anak-anak).

Pengunjung asal Magelang bernama Robertus Sutopo mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini generasi muda bisa mengenal peristiwa-peristiwa yang sudah berlalu. “Orang yang tidak mengenal sejarahnya kan bisa terjarah tanahnya. Artinya kalau kita tau apa yang kita miliki bagaimana cara kita memiliki itu, tidak hanya membiarkan saja kalau ada sesuatu yang mungkin akan hilang,” ujarnya.

Begitu pula pendapat Fanissa pengunjung asal Bengkulu yang menilai acara ini meningkatkan wawasan serta orang luar jogja bisa tau cerita sejarah lebih lanjut.

“Gelar potensi ini juga tidak hanya pameran, tetapi menjadikan museum ini sebagai tempat edukasi, berwisata,” tambah Rudy.

Acara ini berakhir pada tanggal 10 Agustus 2019, pukul 21.00 WIB. (Nur Andini Dwi L/ Magang KR) 

BERITA REKOMENDASI