Tinggi, Antusiasme Siswa SD ikuti MTQ

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Seolah Dasar (SD) se-Kapanewon Mlati digelar, Sabtu (13/11). Bertempat di SD N Tlogoadi, kegiatan yang memperebutkan piala bergilir Panewu Mlati ini, diikuti 200 siswa dari 37 SD di Kapanewon Mlati.

Banyaknya siswa yang mengikuti lomba menurut ketua kegiatan, Hendi Kurniawan MPd, menunjukkan tingginya antusiasme anak didik dan sekolah, meskipun masih di tengah pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan MTQ ini sebenarnya digelar 2020, namun tertunda karena pandemi. Alhamdulillah sekarang bisa dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Hendi yang juga Ketua Guru Pendidikan Agama Islam se-Kapanewon Mlati ini.

Dijelaskan, ada 5 cabang yang dilombakan, yakni musabaqoh tilawatil Quran, musabaqoh Hifdzil Quran, musabaqoh tartil Qur’an, pidato agama dan musabaqoh agama. Para juara di masing-masing cabang lomba, nantinya akan dikirim untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Kabupaten Sleman.

Hendi berharap, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur’an sekaligus melatih mental anak dalam mengikuti kegiatan. “Kami juga berharap, kegiatan ini dapat membawa kemaslahatan bagi anak-anak SD, khususnya di Mlati,” pungkas Hendi.

Panewu Mlati Drs Arifin MLaws berharap, selain memunculkan siswa berprestasi, namun juga mampu menjadi pijakan dalam pembelajaran penerapan karakter anak. “Harapan kami, kegiatan ini tidak hanya memunculkan anak yang berprestasi di tingkat yang lebih tinggi. Namun lebih dari itu, yakni dapat menjadi pemicu bagi pembinaan karakter anak sehingga benar-benar menjadi anak yang unggul, cerdas dan berkarakter Alquran,” tandasnya.(Ayu)

BERITA REKOMENDASI