Tingkatkan Derajat Kesehatan, RSUD Sleman Miliki Sertifikat Vaksinasi Internasional

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman launching Klinik Vaksinasi Internasional, Kamis (5/3/2020). Launching secara simbolis ditandai dengan pengguntingan buntal oleh Bupati Sleman didampingi oleh Direktur RSUD Sleman, Joko Hastaryo dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) DIY, Yoedi Ariyanto.

“Sebelum launching, Kepala KKP DIY juga menyerahkan sertifikat Vaksinasi Internasional pada Bupati Sleman untuk RSUD Sleman,” kata Joko.

Menurut Joko, dengan sertifikat tersebut menjadikan RSUD Sleman sebagai RS pemerintah pertama di DIY yang memiliki sertifikat vaksinasi internasional. Sertifikasi ini dilakukan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan. No 23 Tahun 2018 tentang Pelayanan dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional.

Dengan adanya sertifikat tersebut Joko menegaskan bahwa RSUD Sleman siap untuk menyelenggarakan vaksinasi internasional. Proses pengajuan sertifikat tersebut dilakukan sejak bulan Oktober 2019 dan kemudian dilakukan verifikasi serta validasi berkas persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian pada bulan Januari 2020 dilakukan visitasi dri KKP DIY dan dilakukan bimimbingan teknis.

“Pelayanan klinik vaksinasi kami mempunyai empat dokter yang bersertifikat sebagai vaksinator terdiri dari dua dokter spesialis dalam dan dua dokter umum,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa fasilitas pelayanan vaksinasi sudah disiapkan baik klinik maupun fasilitas lainnya seperti penyimpanan vaksin. Vaksin yang tersedia diantaranya meningitis, influenza, hepatitis danvaksin lainnya yang dibutuhkan masyarakat diantaranya untuk kegiatan ke luar negeri seperti ibadah haji.

“Tahun 2020 ini Bapak Bupati juga mengijinkan kami untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan haji Kabupaten Sleman di pusatkan di RSUD Sleman ini. Sehingga harapannya bisa mempermudah calon jamaah haji memeriksa kesehatannya sekaligus mendapatkan vaksin meningitis,” tambah Joko.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menyambut baik launching klinik tersebut. Menurutnya klinik vaksinasi ini sebagai bagian pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Mudah-mudahan masyarakat yang membutuhkan vaksinasi bisa terbantu dengan memanfaatkan klinik vaksinasi RSUD Sleman ini,” kata Sri Purnomo. (Humas Sleman)

BERITA REKOMENDASI