Tingkatkan ‘Skill’, Petugas ARFF Bandara Adistutjipto Uji Ketangkasan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Puluhan petugas unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP PK) atau 'Airport Rescue and Fire Fighting' (ARFF) Bandara Adistutjipto Yogyakarta mengikuti 'Airport Fire Fighting Challenge' di Gedung ARFF, Selasa (17/12).

 

Total 36 personil yang dibagi dalam tiga tim berkompetisi adu kecepatan, fisik dan pengetahuan untuk menyelesaikan tantangan. Ada tiga tantangan dengan tingkat kesulitan berbeda yang harus mereka selesaikan. Hal ini sebagai latihan guna menguji seberapa sikap petugas ARFF di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Apalagi menurut General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu sebagian dari personil ARFF ini nantinya akan dipindahtugaskan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau 'Yogyakarta International Airport' (BIY/YIA). Untuk kesiapan sumber daya manusia harus terus ditingkatkan.

Lebih lanjut Agus Pandu mengungkapkan, 'Airport Fire Fighting Challenge' sendiri merupakan agenda tahunan. Salah satu tujuannya untuk memastikan bahwa seluruh personil ARFF bisa melaksanakan tugas dengan baik. Karena ARFF harus siaga selama 24 jam. Jika ada keadaan darurat di selitar bandara, 'respon time'nya itu juga dihitung.

Beberapa tantangan yang harus mereka selesaikan seperti menggulung selang air, menarik ban hingga memadamkan api. Meski dikemas dengan 'fun game' namun kecepatan waktu tetap diperhitungkan. (Awh)

BERITA REKOMENDASI