Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo Akan Dibuka Kembali, Ini Alasannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) berencana membuka objek wisata Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo ketika lebaran nanti. Namun untuk jalur tracking tetap ditutup dan akan disiagakan penjaga.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai TNGM Nurpana Sulaksono kepada wartawan, Selasa (5/6/2018). Di objek wisata tersebut ada jalur tracking sekitar 1,5 kilometer menuju Puncak Plawangan dan Puncak Pronojiwo yang berada pada radius 5 kilometer dari puncak.

“Untuk jalur tracking tetap ditutup. Karena itu jalur setapak dengan lebaran 1-2 meter saja. Kondisinya juga licin dan rawan longsor. Dikarenakan status Gunung Merapi masih waspada, maka masih ditutup,” ujarnya.

Hal yang dikhawatirkan, jika ada kenaikan aktivitas dari Merapi dan sedang ada yang tracking. Akan kesulitan dalam proses evakuasi. “Kita pernah melakukan evakuasi. Tapi karena kelelahan. Bukan karena ada kenaikan dari Merapi dan itu memakan waktu hampir satu jam,” jelasnya.

Jadi untuk wisata alam direnakan akan dibuka untuk libur lebaran ini. Sedangkan yang ditutup hanya jalur tracking-nya saja. Sebagai bentuk kesiapsiagaan, akan ada penambahan petugas dan juga sarana prasarana. Berupa spanduk pengumuman jika jalur tracking ditutup dan ada papan juga.(Awh)

BERITA REKOMENDASI