TMMD Sengkuyung Kodim Sleman Resmi Dibuka Bupati

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak lama lagi, petani dari Dusun Pendeman Desa Trimulyo Kecamatan Sleman bisa merasa senang. Pasalnya, bulak Dusun Pendeman dan Dusun Jogokerten bakal dibuatkan akses jalan untuk menuju ke tengah sawah. Sehingga petani tak perlu repot memutar sejauh 1,5 km untuk mengangkut hasil panenannya nanti. 

"Karena tidak ada akses jalan untuk dilalui kendaraan roda empat, maka petani harus memutar sejauh 1,5 km saat hendak mengangkut hasil pertanian dari tengah sawah," ungkap Komandan Kodim Sleman Letkol Inf Diantoro SIP disela upacara pembukaan Operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke-101 Tahap I TA 2018 Kabupaten Sleman di Lapangan Desa Trimulyo, Rabu (4/4/2018). 

Dijelaskan, pada TMMD Sengkuyung ke-101 ini sumber dananya APBD DIY sebesar Rp 75 juta, APBD Sleman Rp 150 juta serta swadaya masyarakat berupa tenaga dan material senilai Rp 25 juta. Sasarannya yakni fisik meliputi pembuatan jalan pertanian sepanjang kurang lebih 550 m dan lebarnya 5 m, pembuatan talud dengan panjang 200 m serta pembuatan gorong-gorong sebanyak 3 buah.

Sedangkan sasaran non fisik antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas dan napza, kesehatan dan KB, pertanian juga penyuluhan lingkungan hidup. Adapun waktu dari operasi TMMD ini dimulai 4 April hingga 3 Mei 2018. "Disitu, kami akan mengerahkan 1 sst Kodim Sleman dibantu masyarakat Desa Trimulyo dan sekitarnya," imbuh Dandim.

Menurutnya, tidak hanya petani saja tetapi jalan selebar 5 meter ini juga bermanfaat bagi warga serta anak-anak sekolah. Jika petani bisa mudah saat mengangkut hasil panen, warga lain juga bisa menjadikan akses baru ini sebagai jalan pintas sehari-hari.

Dalam sambutan Gubernur DIY Hamengku Buwono X yang dibacakan Bupati Sleman Drs Sri Purnomo MSi dikatakan, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Tentu tujuannya guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di beberapa daerah tertinggal atau yang terkena bencana.

"Kami mengapresiasi Komandan Korem Pamungkas serta Komandan Kodim Sleman yang telah memprakarsai kegiatan ini secara berkesinambungan sebagai upaya peningkatan percepatan pembangunan di daerah," tandasnya.(Adk)

BERITA REKOMENDASI