TNI AD Bakal Periksa Enzo

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Enzo Zenz Allie, WNI keturunan Prancis yang tengah menjalani pendidikan di Akademi Militer beberapa waktu terakhir sedang menjadi pembicaraan banyak pihak. Bukan hanya kemampuan empat bahasa dan mengaji yang dimiliki, namun juga isu tidak nasionalis karena munculnya foto Enzo membawa bendera hitam bertuliskan kalimat tauhid dan kemudian dinarasikan dengan Hisbut Tahrir Indonesia (HTI).

TNI Angkatan Darat (AD) pun bakal melakukan pemeriksaan lebih jauh terkait munculnya isu tersebut. Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa mengatakan pihaknya akan melakukan penelitian secara scientific pada Enzo dalam satu dua hari kedepan. Menurut dia, TNI tetap mengedepankan sisi objektivitas dan proporsional untuk menangani hal tersebut.

“AD akan lakukan penelitian lebih scientitif, untuk melihat dirinya sendiri bukan orangtua atau saudara. Kita ingin objektif dan proporsional karena semuanya harus dipertanggungjawabkan. Paket pemeriksaan ini akan kami lakukan, apakah dia layak melanjutkan atau tidak. Itu kita lihat nanti, dalam waktu dekat 1-2 hari ini kita lakukan. Bukan hanya Enzo tapi semua yang ada di sana,” ungkap Andika di UGM Jumat (09/08/2019) petang.

TNI menurut Andika tetap bersikukuh memiliki metode perekrutan ketat dan memastikan setiap anggota setia pada NKRI dan Pancasila. “Kita tak boleh berpretensi, melihat orangtua tapi dirinya sendiri. Kita akan lakukan pendalaman dan akan melengkapi hasil awal. Pendidikan ini 4 tahun dan cukup waktu untuk menilai mereka,” sambung KSAD.

TNI AD sendiri mempertimbangkan tes media sosial untuk calon taruna pendidikan di Akademi Militer. “Pendidikan masih dilakukan dan kita akan lakukan tes pendalaman pada semuanya. Tes media sosial akan jadi bahan penilaian kami tapi tak bisa serta merta menjadi judgement. Kita lihat nanti, hasilnya belum ada. Siapa tahu dia bagus. Hipotesis ini kita tunggu saja nanti,” pungkas Andika. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI