TNI AU Cari Wanita Pilot Pesawat Tempur

SLEMAN (KRjogja.com) – TNI AU memberikan peluang bagi Wanita Angkatan Udara (Wara) untuk menjadi pilot pesawat tempur. Sementara pesawat helikopter dan angkut sudah ada pilot dari wara. Hal itu sebagai bentuk TNI AU mengimplementasikan emansipasi wanita dalam penugasan.

"Sekarang ini sudah ada wara yang mengawaki pesawat helikopter dan angkut. Sedangkan pesawat tempur belum ada, sehingga ini menjadi peluang bagi wara, " kata Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidurus seusai menjadi irup HUT ke-53 Wara, Jumat (12/8/2016) di Lapangan Dirgantara AAU.

Dalam upacara tersebut, semua petugas upacara mulai komandan upacara hingga komandan pleton wara). Untuk komandan upacara diambil oleh Mayor Sus Michiko Sandra yang sehari-hari menjabat kepala perpustakaan AAU.

Meskipun ada peluang, kualitas tetap diutamakan. Untuk itu, pihaknya meminta kepada wara meningkatkan kualitasnya sehingga mampu bersaing dengan prajurit lainnya. "Wara harus meningkatkan kualitasnya. Apalagi sekarang ini sudah ada taruni di AAU. Saya berharap mereka nantinya mampu bersaing untuk mengawaki beberapa pesawat di TNI AU,"  pintanya.

Dalam sambutan Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna yang dibacakan Danlanud mengatakan, wara telah mampu menunjukkan berbagai pengabdian yang membanggakan bagi TNI AU. Tolak ukur keberhasilan wara dapat dilihat dari berbagai kepercayaan tugas yang diberikan dan dapat diselesaikan dengan baik. (Sni)

BERITA REKOMENDASI