Tour de Prambanan Bangkitkan Pariwisata Sleman

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 1.270 pesepeda dari berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara resmi menjelajahi keindahan alam yang tersaji pada rute sepanjang 128 km dalam ajang ‘Tour de Prambanan 2022’ yang dilepas Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa SE, Sabtu (30/07/2022). Bertempat di Lapangan Siwa, Candi Prambanan, ajang ini diharapkan menjadi sarana kebangkitan sektor pariwisata usai pandemi Covid-19.

Dalam pelepasan rombongan ‘Tour de Prambanan 2022’ tersebut, Danang mengatakan, selaku pribadi maupun mewakili Pemerintah Kabupaten Sleman, pihaknya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada semua peserta tahun ini. “Terima kasih kepada semua peserta yang sudah hadir pada kesempatan hari ini,” ujarnya.

Pada kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) ini, pihaknya berharap keberadaan ‘Tour de Prambanan 2022’ ini bisa menjadi sarana promosi sekaligus kebangkitan dunia pariwisata di Sleman. “Harapan kami dengan adanya Tour de Prambanan ini, bisa meningkatkan jaringan pariwisata dan bisa meningkatkan pertumbuhan pariwisata lagi di Kabupaten Sleman pascapandemi Covid-19,” terangnya.

Ajang ‘Tour de Prambanan 2022’ yang turut dilaksanakan bersama Ganefo Olympic Center (GOC) dan Pengurus Daerah ISSI DIY ini, tercatat 1.270 peserta yang berasal dari 208 Komunitas Balap sepeda dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian. Tak hanya dari dalam negeri, peserta dari luar negeri, yakni Jepang, Belanda dan Jerman juga ikut serta.

Selain Wabup Sleman, Danang Maharsa yang secara simbolis melepas sekaligus ikut dalam kegiatan tersebut, rombongan ‘Tour de Prambanan’ tahun ini juga dilepas oleh Deputi Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr Raden Isnanta MPd, Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso SH SIK, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo SH MEd, Kepala BPO Disdikpora DIY Drs Priya Santoso MM dan Ketum KONI DIY, Prof Dr H Djoko Pekik Irianto MKes AIFO.

Sementara itu Deputi Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr Raden Isnanta MPd mengatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan ‘Tour de Prambanan 2022’ ini. “Kegiatan ini masuk dalam konteks sport tourism dan ini sudah sesuai dengan amanat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ini sangat tepat sekali, olahraga dikolaborasikan dengan industri pariwisata,” tegasnya.

Melalui olahraga bersepeda, acara ini juga mengajak peserta untuk menjelajahi obyek-obyek wisata yang ada di tiga kabupaten di DIY, yakni Sleman, Bantul dan Kulonprogo. “Jadi di samping menyehatkan, kegiatan ini juga mengenalkan kepada masyarakat seluruh Indonesia tentang kekuatan Wisata DIY, dan ini pas karena dimulai dari Candi Prambanan,” tandasnya. (Hit)

BERITA REKOMENDASI