TPQ Daarul Ulum Sleman Gelar Haflah Khotmil Qur’an dan Imtihan

Sementara Kepala TPQ dan Pengurus Rumah Tahfizh Daarul Ulum, Ustadz Mustaqim mengatakan, haflah khotmil qur’an ini merupakan pengumuman atas prestasi peserta didik selama menempuh pembelajaran yang diuji dihadapan keluarga wali santri, sebelum dilakukan wisuda. Terdapat empat dari tujuh anak santri yang lulus pembelajaran dari pusat qiraati melaksanakan khotmil qur’an dan imtihan.

Mereka yaitu Ayundia Rava Kalinda, Faiha Rabiya, Abdillah Khoiru Azzam, dan Fawwas Mu’inuddin Anfi Alayyubi. Dalam khotmil qur’an dan imtihan ini, keempat santri diuji ilmu bacaan al qur’an yang selama ini dipelajari, bagaimana ilmu tajwidnya, tes doa – doa harian, termasuk bacaan hafalan al qur’annya. Selain itu kemampuan dan kemandirian anak untuk menjawab pertanyaan juga diujicoba.

Keempat santri yang dinyatakan khatam (lulus) tingkat dasar TPQ mendapatkan ijazah dari Koordinator Pendidikan Al Qur’an Metode Qiraati Cabang Yogyakarta beserta daftar nilai Imtihan dan Tashih Akhir Santri (Imtas). Selain itu mendapatkan penghargaan piagam dari TPQ Daarul Ulum. “Mereka yang khatam ini dapat melanjutkan ke jenjang kelas hafizh al qur’an,” terangnya.

TPQ dan Rumah Tahfizh Daarul Ulum saat ini mendidik sekitar 120 santri, 20 santri di antaranya usia dewasa. Mereka mengikuti pembelajaraan metode qiraati, yaitu metode membaca al qur’an yang langsung memasukan dan memraktikkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid.(*)

BERITA REKOMENDASI