Tujuh Warga Binaan Lapas Sleman Bebas

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Sebanyak tujuh warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sleman bebas setelah mendapat remisi umum peringatan hari kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/08/2016). Selain itu setidaknya 99 warga binaan lainnya mendapat potongan masa tahanan mulai dari satu hingga empat bulan.

Kalapas IIB Sleman, Turyanto mengatakan remisi merupakan hak warga binaan. Mereka yang mendapatkan remisi ini telah sesuai dengan peraturan masa hukumannya. “Ada yang langsung bebas karena memang masa hukumannya telah terpenuhi setelah mendapat pemotongan tersebut,” jelas Turyanto usai upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Dalam kesempatan ini Turyanto mengungkapkan, hingga saat ini Lapas Kelas IIB Sleman masih saja over load. Total ada 280 warga binaan dengan rincian 163 berstatus tahanan dan sisanya merupakan narapidana. Padahal idealnya untuk Lapas Kelas IIB idealnya hanya diisi 112 warga binaan.

“Tapi faktanya melebihi dari jumlah tersebut, sehingga overload 150 persen. Dengan jumlah warga binaan yang overload tidak diimbangi petugas keamanan yang hanya 11 personel tiap kali jaga,” ungkapnya. (*-1)

BERITA REKOMENDASI