Tutup Tahun, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Kereta Kencana

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Menutup tahun 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta menggelar Kirab Kereta Kencana Adisutjipto, Selasa (31/12). Kirab kereta kencana ini sudah berlangsung yang ketiga kalinya.

 

Kereta kencana ini dibuat menggunakan campuran besi dan baja tahun 1.700 dan dimodifikasi oleh GBPH Yudhaningrat. Diukir dari depan sampai belakang. Bagian depan berupa ukiran singa, tubuhnya garuda dan belakang berupa ekor naga. Hal ini menunjukkan kewibawaan seorang raja.

"Oleh Gusti Yudha kereta ini diberi nama Kyai Yudhaningrat dan mulai ditempatkan di Terminal A Bandara Adisutjipto pada 19 Juni 2016. Sedangkan kirabnya sendiri, kita mulai pada 2017 sampai sekarang," ungkap General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama.

Kirab kereta kencana ini melibatkan 228 orang bergada. Terdiri dari bregada Wira Waskita dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Bregada Nyi Ageng Serang, Bregada Yudo Manggolo hingga mobil antik. Tak ketinggalan kreasi busana dari bahan limbah daur ulang ikut meramaikan kirab.

Kirab menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer. Mengambil titik keberangkatan dari Terminal A Bandara Adisutjipto, lalu melintasi Jalan Raya Solo ke arah barat hingga pertigaan ring road Maguwoharjo dan kembali ke bandara.

"Kami menjadi bandara pertama yang menyelenggarakan kirab ini," ujar Agus Pandu. (Awh)

BERITA REKOMENDASI