UAD Gelar Pelatihan Pengembangan Pedagogik Berbasis TPACK

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 79 guru Sekolah Dasar Muhammmadiyah di Kabupaten Sleman mengikuti Pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) tematik berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) diadakan oleh Tim Pengabdian Dosen prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerjasama dipandu oleh host mahasiswa PGSD-UAD, Isnaani Nur Halimah, Jumat (28/05/2021).

Pelatihan akan berlangsung hingga Minggu (31/05/2021). Pada hari pertama, Jumat (28/05/2021), pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) tematik berbasis TPACK dibuka dengan sambutan dari Dr Sri Tutur Martaningsih MPd selaku Ketua Prodi PGSD-UAD. Pada sambutannya, Sri Tutur Martaningsih mengatakan, jika pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogy tematik berbasis TPACK merupakan hal yang positif mengingat pembelajaran abad – 21 yang menekankan siswa untuk dapat berpikir kritis, menguasai teknologi informasi komunikasi.

Sri Tutur Martaningsih juga mengingatkan jika pada pembelajaran online di massa pandemi yang telah berlangsung selama kurang lebih setahun ini siswa sudah mengalami kejenuhan. "Maka dari itu, dengan diadakan pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogy tematik berbasis TPACK diharapkan dapat memberikan pembaharuan pada pembelajaran pada pandemi Covid- 19," ujarnya.

Pada kesempatan selanjutnya, sambutan oleh Dr H Suwardi MAg MPd selaku Ketua Dikdasmen Sleman, Yogyakarta. Pada sambutannya Suwardi menekankan jika sebagai guru Sekolah Dasar, haruslah memiliki passion yang ditandai dengan 3 ciri utama yakni mau belajar, berani mencoba mengamalkan dan kreatif. Suwardi memberikan semangat kepada guru-guru Se-Kabupaten Sleman yang mengikuti pelatihan Subject Spesific Pedagogy tematik berbasis TPACK.

Sedangkan Ketua Tim PKM Dosen PGSD UAD, Dr Fitri Indriani MPdI menekankan jika pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogy tematik berbasis TPACK merupakan salah satu respons terhadap pendidikan pada abad-21. Lulusan Doktor Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga tersebut menyatakan, jika idealnya, pembelajaran abad ke-21 dalam konteks TPACK ialah dapat mengintegrasikan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan content. “Pelatihan pengembangan Subject Spesific Pedagogy tematik berbasis TPACK ini dapat memberikan manfaat bagi guru dan dapat meningkatkan kemampuan para guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis TPACK,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI