UAD Gelar Pelatihan Pengembangan Pedagogik Berbasis TPACK

Editor: KRjogja/Gus

Pelatihan menghadirkan narasumber Nur Hidayah MPd dengan materi karakteristik siswa sekolah dasar dan Pembelajaran abad 21 dan Dr Yayuk Hidayah MPd dengan materi pengantar mengenai TPACK. Pada sesi pertama acara dipandu oleh moderator dari mahasiswa PGSD UAD, Mona Sholihah.

Anggota Tim PKM Dosen PGSD UAD Nur Hidayah MPd, menyampaikan jika karakteristik siswa Sekolah Dasar dan Pembelajaran abad – 21 perlu diidentifikasi. Dalam materinya, Nur Hidayah menyampaikan jika kerangka kerja untuk keterampilan abad ke-21, yang dibagi menjadi empat kategori, kemahiran era digital, berpikir inventif, komunikasi yang efektif, dan produktivitas yang tinggi. Nur Hidayah menuturkan, jika strategi pembelajaran abad-21 memerlukan kaeaktifan guru siswa yang dijembatani oleh teknologi.

Selanjutnya, Anggota Tim PKM Dosen PGSD UAD lainnya yakni Dr Yayuk Hidayah MPd dalam materi pengantar mengenai TPACK memberikan penekanan bahwa konsep dalam pengembangan Subject Spesific Pedagogy tematik berbasis TPACK haruslah terdiri atas enam komponen pengetahuan yakni, Technology Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), dan Technological Content Knowledge (TCK) Tim pengabdian Dosen prodi PGSD UAD) berharap, setelah selesai pelatihan ini para guru SD di Kabupaten Sleman dapat memiliki pengetahuan berupa teori mengenai TPACK dan dapat mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis TPACK dan bahan ajar digital sehingga dalam proses pembelajarannya guru dapat tetap mempertahankan integritas yang dapat mendorong motivasi belajar siswa.(Jay).

 

BERITA REKOMENDASI