Ubah Stigma Moge, Penunggang Road Glide Sumbang 15 Ribu Masker dan Rp 150 Juta

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pecinta motor keluaran Harley Davidson jenis Road Glide yang tergabung dalam Road Glide Owners Group (RGOG) Indonesia, bersiap melakukan agenda sosial di Yogyakarta Jumat-Sabtu (19-20/03/2021). Mereka akan membagikan 15 ribu masker-hand sanitizer serta uang Rp 150 juta untuk masyarakat membutuhkan yang bertepatan dengan momentum HUT ke-3.

Yofie Megananta Santosa, Panglima RGOG Indonesia mengungkap adanya dua agenda terbatas komunitasnya selama di Yogyakarta meliputi Sleman dan Kulonprogo. Seluruhya merupakan agenda sosial sebagai bentuk bantuan penanganan pandemi Covid-19 dari komunitas untuk masyarakat.

“Kami memilih Yogyakarta karena pertama kali RGOG ini riding pada tahun 2018 menempuh perjalanan Yogyakarta ke Solo, sehingga kami memiliki nilai historis di sini. Seturut rencana kami akan berikan uang Rp 150 juta untuk masyarakat membutuhkan melalui yayasan sosial dan lembaga keagamaan di Yogyakarta,” ungkapnya dalam bincang media di Kyoto Garage, Rabu (17/03/2021).

Di Yogyakarta, RGOG akan memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer sebanyak 15 ribu pieces. Nantinya pembagian juga dilaksanakan secara terukur bekerjasama dengan Polsek dan Koramil yang ada di wilayah Sleman, Yogyakarta dan Kulonprogo.

“Selain itu, kami juga lakukan bersih-bersih pantai Glagah Kulonprogo bersama warga masyarakat setempat. Intinya kami tidak ingin berpesta pora dalam peringatan HUT ini namun mencoba membawa manfaat untuk sesama masyarakat, menghadapi situasi yang kita rasakan semua sangat tidak mudah,” sambung dia.

Andi Bayu Pamungkas, Ketua RGOG Yogyakarta, menambahkan melalui agenda sosial tersebut komunitasnya berupaya membangun perspektif positif masyarakat pada para bikers terutama motor gede (moge). Selama agenda dua hari, para anggota yang dibatasi tak sampai 100 motor akan melakukan karnaval dari Rich Jogja hingga Kulonprogo dengan menaati seluruh aturan lalu-lintas.

“Bikers selama ini dilihat dan dicap sebagai sosok arogan dengan berita negatif, ini yang kemudian ingin kami balik. Tidak ada kegiatan touring, hura-hura dan pesta pora. Di sini kita akan bagikan dana baksos nasional yang sudah dikumpulkan. Harapannya bisa membawa manfaat,” tandas dia.

Komunitas RGOG Indonesia sendiri berdiri pada 14 Januari 2018 di Bandung. Saat ini jumlah anggotanya tersebar di seluruh Indonesia dengan total 942 member. Komunitas tersebut menunggangi Harley Davidson jenis Road Glide yang memang dikenal sebagai motor touring jarak jauh dengan CC besar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI