UGM Serius Benahi Museum, Prof Sardjito Jadi Highlight

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Suasana Museum UGM Jumat (23/2/2018) terlihat lebih meriah dari biasanya. Puluhan anak dari TK sekitar kampus biru tersebut tampak asyik mengamati koleksi museum yang menempati Kompleks Bulaksumur D6-D7 ini. 

Ternyata, bukan tanpa sebab anak-anak TK tersebut bertandang ke Museum UGM hari ini. Pasalnya, museum yang baru dibentuk beberapa tahun kebelakang ini sedang melakukan pembenahan untuk memperkenalkan diri pada masyarakat luas. 

Dra. Djaliati Sri Nugrahani, M.A., Pengurus Museum UGM mengatakan pihaknya kini terus mengupayakan pengenalan museum ke banyak kalangan di luar UGM. “Salah satunya melalui sahabat anak museum di mana nantinya anak-anak dari berbagai sekolah bisa belajar ke museum UGM ini, dan hari ini sudah dimulai,” ungkapnya. 

Prof Sutaryo salah satu penggagas museum UGM menambahkan keberadaan museum tersebut sangat penting mengingat sejarah besar yang dimiliki UGM sejak didirikan dahulu. “Universitas lain di dunia layaknya Harvard juga punya museum yang mana saat masuk ada sesuatu yang didapat dan keluar mendapat pencerahan. Harapannya di UGM juga begitu, ada museum yang menarik dikunjungi,” terangnya. 

Di salah satu bagian, Museum UGM memberikan ruang untuk Prof Sardjito yang merupakan rektor UGM pertama. Patung Sardjito saat sedang duduk lengkap dengan barang-barang pribadi saat dahulu terpasang di ruangan tersebut termasuk prestasi-prestasi penemuannya. 

“Ada Ruang Sardjito yang memperlihatkan ruang kerja beliau dan ada patung karya Wilman Syahnur lengkap dengan prestasi-prestasi beliau. Harapannya, semakin banyak generasi penerus yang mengerti perjuangan beliau dan terinspirasi,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI