UGM Siap Gelar Olimpiade Geografi Internasional

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – UGM lagi-lagi membuat gebrakan. Salah satu fakultasnya, Fakultas Geografi, berencana mengadakan olimpiade geografi bertaraf internasional yang bertajuk Olgenas International Geolympiad XV. Olimpiade tahunan untuk pelajar SMP/SMA sederajat ini rencananya akan diadakan pada 13-17 Januari 2020 mendatang.

Ketua panitia Olgenas International Geolympiad XV, Wildan Syakhreza (19) mengungkapkan bahwa olimpiade ini merupakan kompetisi geografi bagi pelajar SMP/SMA se-Indonesia pertama yang diadakan sejak tahun 2006. Setelah 14 kali pelaksanaan, rencananya pada pelaksanaan ke-15 di tahun 2020 mendatang, olimpiade ini akan meningkat menjadi bertaraf internasional.

“Awalnya pada pelaksanaan Olgenas tahun 2017, ada peserta yang berasal dari Malaysia dan Thailand. Karena itu, kami terpikir kenapa (Olgenas) tidak sekalian dilaksanakan pada tingkat internasional.” ungkap Wildan kala ditemui di Gedung KLMB Fakultas Geografi UGM pada Senin (25/11/2019).

Dengan mengusung tema Welcoming E-Sphere : A New Way Of Thinking Spatially, Olgenas berusaha untuk menjadi jembatan bagi masyarakat khususnya pelajar dan guru dalam mengembangkan kesadaran akan pentingnya pemikiran spasial dan kemampuan menanggapi masalah-masalah di Indonesia melalui perspektif geografis.

Tak hanya olimpiade geografi bagi pelajar SMP/SMA, Olgenas International Geolympiad XV juga mengadakan rangkaian kegiatan lain yang berupa Olgenas Field Course, yaitu pengenalan bentang lahan geografi bagi guru dan tenaga pendidik serta GeoTalk, talkshow  bagi masyarakat umum dengan mengundang pembicara-pembicara ternama.

“Beberapa tahun terakhir kami sempat menghadirkan berbagai tokoh seperti Pak Hasto (Bupati Kulon Progo), Dirjen Kemendes hingga Menteri Pariwisata.” ujar Wildan.

Meskipun masih akan dilaksanakan pada bulan Januari tahun depan, pendaftaran Olgenas International Geolympiad XV dapat dilakukan mulai dari sekarang hingga tanggal 28 November. Sementara untuk GeoTalk, pendaftaran baru dibuka pada 15 Desember mendatang.

“Jika ingin melakukan pendaftaran, kami hanya melayani via online. Jadi pendaftar bisa langsung mendaftar melalui website olgenas di olgenas.geo.ugm.ac.id.“ pungkas Wildan. (Nico Faishal/KR Academy)

 

 

UGM

BERITA REKOMENDASI