UGM Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi 4ICU

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – UGM mencatat peringkat terbaik universitas di Indonesia tahun 2020 versi 4 International Colleges and Universities (4ICU). UGM mengalahkan peringkat Universitas Indonesia (2) dan Universitas Pendidikan Indonesia (3) dalam tabel yang dirilis baru-baru ini.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM, Widyana mengungkap pemeringkatan tersebut merupakan wujud apresiasi lembaga internasional atas kerja keras sivitas akademika dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pendidikan, pengajaran dan riset. Widyana mengungkap pihak universitas sangat bersyukur atas pengakuan yang muncul di masa pandemi seperti saat ini.

“Pemeringkatan ini menjadi penambah semangat bagi UGM untuk terus berkarya lebih baik kedepan. Di tengah situasi pandemi yang mengharuskan Work From Home serta Study From Home ini peran teknologi informasi menjadi sangat penting,” ungkapnya melalui pernyataan tertulis Selasa (2/6/2020).

4ICU sendiri mendasarkan penilaian pemeringkatan melalui indikator keberadaan digital dan popularitas berdasarkan jumlah trafik serta kepercayaan terhadap konten. “4ICU lebih menyoroti keberadaan digital dan tautan. Memang berbeda dengan penilaian QS atau Webometric,” ungkapnya lagi.

UGM sendiri saat ini mengelola lebih dari 45 ribu website yang terdiri dari situs resmi institusi, web kegiatan, jurnal serta blog milik dosen ataupun mahasiswa. Saat ini UGM masih memiliki pekerjaan rumah untuk memaksimalkan aksesibilitas di seluruh wilayah Indonesia serta penyesuaian konten agar semakin sesuai dengan permodelan belajar daring. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI