UIN Suka Miliki Laboratorium Lapangan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menjadi dua hal penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang banyak berkecimpung di lapangan. Kedua hal ini bila disatukan dan diimplementasikan dengan baik akan melahirkan kekayaan akademik yang bernilai tinggi.

Itulah yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Kebun Buah Desa Bendosari Moyudan Sleman, LPPM UIN Sunan Kalijaga merancang program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi satu kesatuan program kemitraan berkelanjutan dalam rangka menjadikan Kebun Buah Bendosari dan kawasan pertanian di sekelilingnya sebagai kawasan Eduwisata.

Salah satu tujuannya menjadi destinasi wisata di DIY yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara untuk belajar, berwisata, sekaligus menikmati ataupun berbelanja hasil kebun. Program kemitraan ini juga melibatkan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suka, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Suka, PD Muhammadiyah Kabupaten Sleman, Asosiasi Tanaman Hutan Rakyat Mandiri, dan LPK Kayu Manis yang diresmikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Abdur Rozaki, awal Mei 2021 ini.

“Kerjasama kemintraan dengan Kebun Buah Bendosari ini menjadi Program Strategis UIN Sunan Kalijaga,” kata Abdur Rozaki.

BERITA REKOMENDASI