UIN Suka Miliki Laboratorium Lapangan

Nur Cahyo Probo dari Majelis Pemberdayaan Rakyat PD Muhammadiyah Sleman menambahkan, kehadiran LPPM UIN Suka dengan konsep kemitraan melahirkan komitmen untuk bekerja keras dan memetik manfaat bersama. Konsep kemitraan/pemberdayaan yang diusung UIN Suka menjadikan kelompok tani sebagai subyek, bukan sebagai obyek. Konsep seperti ini bisa menjadi ikon Sleman barat dan bisa juga ditularkan ke seluruh wilayah pertanian Kabupaten Sleman, agar tanah di wilayah Sleman tidak penuh ditanami gedung.

Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Suka Trio Yunathan Tejo Kusumo ST MT menjelaskan, LPPM UIN Sunan Kalijaga telah mengawali program kemitraan dengan melakukan berbagai kegiatan pendampingan. Kali ini diteruskan dengan menerjunkan 20 mahasiswa KKN . Rencananya, LPPM akan menerjunkan mahasiswa KKN secara berkelanjutan, dengan program-program yang berkelanjutan pula.

Kebun Eduwisata Bendosari juga menjadi laboratorium lapangan UIN Sunan Kalijaga. Banyak kegiatan riset kampus yang bisa dilakukan di kebun ini, yang bermanfaat bagi pengembangan akademik sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat. Seperti riset pengembangan pertanian, pengembangan pengolahan produk-produk hasil pertanian, pemasaran hasil kebun, riset halal dan seterusnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI