Umat Hindu Ikuti Penglukatan Sebelum Sembahyang Bersama, Ini Maknanya

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Umat Hindu selalu melakukan ritual pensucian diri sebelum mengikuti prosesi sembahyang yang dinamakan penglukatan atau pensucian diri dengan air suci. Seperti yang terlihat sebelum mengikuti prosesi tawur agung di Candi Prambanan, Rabu (06/03/19), umat Hindu melakukan prosesi penglukatan dengan membungkukan badan menerima cipratan air suci dari Mangku Anom.

Menurut Proyoto selaku Mangku Anom melukat atau penglukatan merupakan bagian dari pelaksaan pembersihan diri yang memiliki tujuan untuk menyucikan pribadi secara lahir dan batin Bagi mental dan jiwa. Penglukatan adalah penyucian segala bentuk hal negatif dalam tubuh berupa dosa-dosa baik berasal dari sisa perbuatan terdahulu atau dari perbuatan hidup saat ini.

"Sebelum melakukan ritual sembahyang bersama, harus dibersihkan dulu, caranya diciprati air yang sudah disucikan," katanya kepada KRJOGJA.com.

Menurutnya, umat hindu perlu melakukan penglukatan untuk mendekatkan diri dengan yang Maha Suci. Saat penglukatan, peserta sekaligus berdoa untuk kesucian dirinya. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI