Unik, Pisang Bercabang Dua Memiliki Tiga Jantung

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebuah pohon pisang unik tumbuh di kompleks kelompok perikanan Mina Warta dusun Ngentak Marguluwih Seyegan Sleman. Tepatnya di pinggir kolam ikan Sulistyanto serorang Jurnalis Koran Merapi (KR Group). Keunikan pisang ini bercabang dua memiliki 3 jantung (calon buah).

Satu cabang mengeluarkan satu jantung. Cabang yang satunya memiliki 2 jantung. Masing-masing jantung mulai membuka dua sampai tiga kelopak buah. Pisang langka ini ditanam Sulistyanto sekitar 6 bulan lalu.

“Pak Sulis belum tahu kalau punya pohon pisang unik,” kata Samudi, Jumat (10/12/2021) pagi. Samudi yang biasa dipanggil Mbah Kaum adalah teman ngobrol anggota Mina Warta dan dia suka membantu bersih-bersih atau ikut menjaring ikan saat ada anggota Mina Warta memasuki masa panen.

Mbah Kaum mengaku yang pertama kali mengetahui salah satu pohon pisang milik Sulistyanto bercabang dua dan memiliki 3 jantung.

“Belum ada yang tahu, termasuk Pak Sulis yang menanamnya,” aku Mbah Kaum yang kemudian dengan suka rela membersihkan rerumputan yang banyak tumbu di area sekitar bongkot pisang.

BERITA REKOMENDASI