Untuk Ajang Motocross, BUMDes Sidomoyo Kelola Sirkuit Forlantas

SLEMAN, KRJOGJA.com – Salah satu unit usaha keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sidomoyo, Godean, Sleman adalah mengelola sirkuit Formula Lalulintas (Forlantas) Internasional Indonesia. Sirkuit yang keberadaannya mengelilingi lapangan sepakbola Sidomoyo ini nantinya akan digunakan untuk latihan dan kejuaraan motocross, grasstrack dan powertrack, baik kejurda, kejurnas maupun internasional.

“Panjang lintasan sirkuit Forlantas untuk sementara ini 700 meter, sehingga kalau digunakan untuk kejuaraan motocross baru bisa setingkat kejurda. Karenanya, kalau sirkuit ini nantinya akan dipakai untuk ajang kejurnas motocross, panjang lintasannya harus ditambah lagi sesuai regulasi standar IMI menjadi 1,2 km,” ujar Sutapa SH MM selaku Direktur Bumdes Sidomoyo sekaligus pengelola sirkuit saat memberi penjelasan kepada Ketua Umum (Ketum) Pengda IMI DIY Eka Sulistyana di ruang sekretariat Sirkuit Forlantas, Sidomoyo, Sabtu (12/9/2020).

Saat memberi keterangan tentang awal keberadaan sirkuit Forlantas kepada Ketum IMI DIY, juga hadir Sekretaris Bumdes Sidomoyo Eko Andi Perihanto, pengawas kejuaraan IMI Antok, Arif MBG, mantan pembalap DIY Bima Octavianus dan Aji.

Menurut Sutapa yang juga Wakil Ketua Kadin DIY, terkait dengan penambahan lintasan, pihak pengelola sirkuit akan memperluas ke arah timur yang lahannya saat ini masih digunakan untuk menanam tebu PG Madukismo. “Kalau nantinya tebu sudah dipanen, pihak pengelola sirkuit segera memperluas panjang lintasan, agar sesuai dengan standar IMI,” terang Sutapa.

Dijelaskan Sutapa, sirkuit Forlantas Internasional Indonesia ini siap digunakan untuk kegiatan latihan ataupun balapan pada siang maupun pada malam hari, karena di sepanjang lintasan sirkuit sudah dipasang lampu penerang. “Sirkuit Forlantas ini sudah ada sejak Januari 2020, tapi karena adanya wabah korona (covid-19), maka belum bisa difungsikan untuk kejuaraan dan belum diresmikan pemakaiannya. Untuk sementara ini, keberadaan sirkuit baru digunakan untuk arena latihan trail para pembalap dewasa, pemula dan disewakan untuk umum. Harapan saya kalau covid-19 sudah berakhir, sirkuit segera diresmikan yang direncanakan oleh Ketua Kadin Pusat dan didampingi Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi,” sambung Sutapa.

BERITA REKOMENDASI