Upacara Harlah Pancasila di Makodim 0732/Sleman

SLEMAN, KRJOGJA.com – Komandan Kodim (Dandim)  0732/Sleman Letkol Inf Diantoro, SIP bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, Jumat (01/06/2018) di Lapangan Apel Makodim 0732/Sleman, Jalan Magelang Km 14 Medrari Sleman.

Upacara tersebut diikuti oleh Kaminvetcad Sleman Mayor Cba Bibit. S, para Danramil, para Pasidim dan segenap Pr­ajurit dan PNS jajaran Kodim 0732/Sleman.

BACA JUGA :

Jadi Irup Harlah Pancasila, Begini Pesan Presiden

Kodim Sleman Siap Sukseskan Asian Games Jakarta-Palembang

Menurut Dandim Hari Lahir Pancasila ditetapkan merujuk pada judul pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato itulah lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, sehingga pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.

"Makna pancasila sebagai dasar Negara hendaknya tidak hanya dihafalkan saja, akan tetapi perlu adanya wujud nyata dari setiap warga Negara Indonesia untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni NKRI," papar Letkol Inf Diantoro SIP sebagaimana keterangan persnya.

Dandim berharap setiap 1 Juni tidak ada lagi diskriminasi antara penduduk yang satu dengan yang yang lain. "Tidak ada diskriminasi antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain, yang kesemuanya menjadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila," pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI