Urai Kemacetan Ringroad Utara, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Sleman

SLEMAN, KRJOGJA.com – Durasi lampu hijau di tiga simpang empat sepanjang Ringroad Utara diperpanjang. Langkah itu diambil setelah hasil evaluasi yang dilakukan Satlantas Polres Sleman menyimpulkan adanya kemacetan di sejumlah titik di hari kedua hingga ketiga ujicoba Underpass Kentungan.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sleman Iptu Gembong Widodo mengatakan, ada tiga simpang empat yang durasi lampu hijaunya diperpanjang. Yakni di simpang empat Kentungan, Monjali dan simpang empat Condongcatur.

“Program penambahan durasi traffic dari pagi sampai malam berbeda karena ada fase perubahan. Tapi intinya memang ada penambahan detikan mulai kemarin siang,” ungkap Iptu Gembong mewakili Kasat Lantas Polres Sleman AKP Mega Tetuko SIK saat dikonfirmasi KRJOGJA.com, Selasa (18/2/2020) malam.

Dijelaskan, di simpang empat Kentungan, durasi lampu hijau dari selatan menjadi 40 detik, sementara dari timur, barat dan utara durasi hijau menjadi 30 detik. Sedangkan di simpang empat Monjali, penambahan durasi lampu hijau ditambah 5 detik untuk kendaraan dari arah timur ke barat. Di simpang empat Condongcatur, penambahan durasi dari arah barat ke timur ditambah 5 detik, dari 45 detik menjadi 50 detik.

“Tambahan durasi mulai dari pagi pukul 06.00 sampai 21.00. Tapi jumlah detiknya berbeda-beda, misal pagi 50 detik, siang 45 detik dan lebih siang lagi bisa 40 detik, menyesuaikan pergerakan kendaraan. Namun secara garis besar, penambahannya 5 detik untuk durasi lampu hijau,” tandas Gembong.

Ditambahkan, penambahan durasi itu sejauh ini mampu mengurangi antrean kendaraan yang terjadi sejak hari kedua hingga ketiga pascaujicoba Underpass Kentungan. Meskipun demikian, akan ada evaluasi untuk memastikan tidak ada dampak antrean kendaraan di traffic light lain. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI