Usai Ditinjau Kustini, Jalan Rawan Kecelakaan Mulai Dipasang Lampu

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman bergerak cepat memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Planggok Jaten Sendangrejo Kapanewon Minggir, Rabu (24/11/2021) pagi. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo yang meninjau lokasi itu beberapa waktu lalu.

“Hari ini kami memasang lampu penerangan jalan umum di ruas ruas jalan Planggok, Jaten, Sendangrejo. Kemarin sudah diinstruksikan oleh ibu Bupati agar segera ditindaklanjuti,” ungkap Kepala Dishub Sleman, Arif Pramana.

Arif menuturkan, pemasangan lampu di ruas jalan tersebut dikarenakan sering adanya kejadian kecelakaan lalu lintas. Dari data yang berhasil dihimpun, sebanyak 6 orang pengguna jalan telah meninggal diakibatkan kecelakaan lalu lintas di jalan yang minim penerangan tersebut. “Kalau penyebabnya (kecelakaan) beragam ya. Tapi memang di jalur tersebut minim penerangan,” kata Arif.

Dijelaskan Arif, lampu penerangan jalan umum yang dipasang hari ini sebanyak 10 titik dengan panjang ruas jalan 500 meter. Selain dari Pemkab Sleman, juga dipasang 3 PJU Solar Cell dari Kementrian ESDM. “Harapannya nanti dengan penerangan jalan ini, kejadian kecelakaan lalu lintas bisa berkurang,” harap Arif.

Sebelumnya Kustini bersama jajaran meninjau lokasi ruas ruas jalan Planggok Jaten Sendangrejo Kapanewon, Minggir (29/10/2021). Tinjaunnya tersebut berdasarkan laporan terkait sering terjadinya kecelakaan lalu lintas dan sebagian besar korban meninggal dunia.

“Hari ini saya cek dan ternyata memang PJU di sekitar tempat ini sangat minim. Saya sudah minta dinas terkait untik segera ditindaklanjuti. Agar pengguna jalan yang melintas tidak was-was dan meminimalisir kejadian kecelakaan,” jelas Kustini. (*)

BERITA REKOMENDASI