Usir Hama dengan Metode Refugia

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mencegah hama tidak selalu menggunakan obat pestisida. Untuk membantu mengendalikan organisme pengganggu tanaman secara alami, para petani menanam tanaman refugia. Refugia merupakan tanaman yang dapat mengundang dan menjadi mikrohabitat bagi musuh alami. Tanaman ini juga bisa dijadikan tempat selfie.

Salah satu petani di Karang Kalasan Tirtomartani Kalasan Sleman, Janu Riyanto menerapkan metode tanaman refugia ini untuk mengendalikan hama pada tanaman. Refugia adalah tanaman bunga warna warni yang bertujuan mendatangkan dan meningkatkan populasi predator atau musuh alami terhadap hama perusak tanaman.

Janu sudah menerapkan tanaman refugia sejak tahun 2015. Beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai refugia seperti bunga matahari, bunga kertas, bunga kenikir dan bunga amarilis.

”Sebenarnya semua jenis bunga bisa digunakan sebagai tanaman refugia. Hanya saja, bila menggunakan bunga matahari misalnya, petani bisa mendapat keuntungan ganda,” ungkap Janu yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Petani Kalasan.

Janu mengaku menerapkan refugia untuk melindungi tanaman cabai dan padi miliknya. Menurut Janu, penggunaan tanaman refugia sebagai anti hama. Tapi sesekali ia masih menggunakan obat kimia, hanya saja dalam takaran lebih sedikit daripada tidak menggunakan refugia sama sekali. (Aha)

BERITA REKOMENDASI