Vaksin Polio di Sleman Juga Kosong

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejak September 2019, vaksin polio di seluruh Puskesmas Kabupaten Sleman mengalami kekosongan. Kosongnya vaksin polio ini kemungkinan disebabkan pengadaan yang dilakukan Kementerian Kesehatan belum selesai. Kekosongan vaksin polio ini diperkirakan akan dipenuhi pada pertengahan Februari.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Djoko Hastaryo menerangkan, terhentinya pasokan vaksin dari pusat ini dimungkinkan karena pengadaan yang dilakukan belum selesai. Sehingga sampai saat ini Kementerian Kesehatan belum melakukan droping vaksin polio.

“Droping vaksin polio dari Kementerian Kesehatan sementara terhenti. Infonya pertengahan Februari baru datang lagi. Jika stok vaksin polio di Puskesmas sudah ada, masyarakat bisa memanfaatkannya secara gratis. Tetapi jika di faskes swasta saya tidak tahu, mungkin saja membayar,” jelas Djoko.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman Novita Krisnaeni menambahkan, kekosongan stok vaksin polio sebenarnya terjadi sejak September tahun lalu. Hanya saja, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Pemkab Sleman melakukan pengadaan pembelian vaksin polio.

“Pengadaan sudah dilakukan Desember kemudian digunakan selama Januari. Praktis kekosongan stok dari pusat terjadi selama Januari,” ungkap Novita. (Aha)

BERITA REKOMENDASI