VIDEO PENANGKAPAN VIRAL DI TIKTOK : Tujuh Nelayan Penangkap Penyu Berstatus Tersangka

Mereka dijerat Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf a Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan denda 100 juta. Ketujuh orang itu, punya peran masing-masing, ada yang menangkap, membunuh, memotong dan mengangkut daging penyu seberat 15 Kg itu. Para tersangka menangkap penyu itu dengan cara dipancing. Sebagai barang bukti, polisi menyita pancing, pisau untuk menyembelih, tampar untuk mengikat dan terpal untuk membungkus penyu.

Tersangka SP mengatakan, dirinya tidak mengetahui jika penyu yang ditangkap itu merupakan hewan langka yang dilindungi undang-undang. Awalnya ia dan teman-temannya mengaku memancing, namun tidak sengaja mendapat penyu yang masuk binatang langka itu.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Provinsi DIY, Untung Suripto mengapresiasi Kepolisian dan pengunggah video ke aplikasi tiktok. Dia berharap, makin banyak masyarakat yang peduli dengan keberadaan hewan yang dilindungi. “Penyu termasuk satwa yang dilindungi. Di Indonesia ada 6 jenis penyu dari 7 jenis penyu yg ada di dunia,” tandanya.(Ayu)

BERITA REKOMENDASI