Wah.. Ternyata Jadi Anggota Patroli Keamanan Sekolah Ini Tak Mudah

PENAMPILAN pelatihan baris berbaris (PBB) oleh siswa dan siswi SD Muhammadiyah Karangkates Yogyakarta membuka acara Launching Wahana Baru Museum Air "Water for Life" Jogja Bay Waterpark, Sabtu (13/10/2018). Barisan lucu nan membanggakan ini dibawakan oleh 16 siswa dan siswi yang menggunakan seragam patroli keamanan sekolah (PKS) lengkap dengan atributnya.  

Melihat anak-anak sedang Pelatihan Baris-berbaris memang menyenangkan. Anak-anak bisa membuat semua mata tertuju pada mereka dan terpukau akan kekompakan yang mereka lakukan. Namun,  dibalik kekompakan tersebut,  terdapat latihan keras yang dimulai jauh-jauh hari sebelum mereka siap untuk tampil dan ditonton banyak orang.

Mereka mengadakan latihan selama satu minggu untuk melatih kekompakan. Kelompok PBB ini sudah sering mengikuti lomba atau menjadi pembukaan sebuah acara. Setidaknya mereka sudah pernah mempertontonkan kebolehannya selama lebih dari 7 kali.

Biasanya, latihan diadakan selama tiga kali dalam seminggu.  Namun,  jika hari-hari biasa,  latihan hanya dilakukan sekali dalam setiap minggunya. "Kita latihan cuma hari Sabtu dari jam setengah 7 sampai jam 10 pagi.  Soalnya Sabtu itu kita libur sekolah, " kata Nabila Kusuma Ramadhani, anggota tim PBB.

Libur sekolah dimanfaatkan dengan baik oleh anggota tim PBB ini.  Mereka tidak menyia-nyiakan waktu libur mereka hanya untuk bermain dengan teman-temannya. Maka tak heran jika Balai Metrologi yang terletak di Jalan Sisingamangaraja selalu ramai tiap sabtu pagi karena ketekunan mereka untuk berlatih. (Ayuseptiani Asari Putri)

BERITA REKOMENDASI