Wakaf Uang, Mudah, Murah dan Cepat

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com- Dulu untuk wakaf harus punya tanah luas lebih dulu dan prosesnya lama. Namun kini, untuk berwakaf tidak harus kaya, prosesnya sangat mudah dan cepat. Sebab, kini umat Islam bisa memberikan wakaf dalam bentuk uang.

“Tahun 2002 MUI memfatwakan bahwa wakaf uang itu boleh dan tahun 2004 keluar UU tentang wakaf termasuk didalamnya mengatur tentang wakaf uang,” kata Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY, Drs H Sigit Warsita MA pada sosialiasi Pojok Wakaf Uang Digital (PWUD) di RM Bale Ayu Jombor Mlati Sleman, Senin (11/10/2021).

Sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi Sosialisasi PWUG di lima kabupaten/kota. Dimulai dari Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta, dan Sleman. Sosialisasi melibatkan berbagai unsur Kemenag, Kepala KUA, Penyuluh Agama, BWI dan Ormas.

Dijelaskan, Pojok Wakaf Uang Digital (PWUD) merupakan inovasi dalam rangka revitalisasi fungsi KUA untuk pemberdayaan ekonomi umat sekaligus solusi dan alternatif murah, mudah pahalanya melimpah mengalir selama-lamanya.

“Pasangan pengantin, jemaah haji, dan ASN Kemenag, diharapkan menjadi pelopor dan teladan program wakaf uang disamping masyarakat umum binaan para Penyuluh Agama Islam serta guru dan siswa madrasah,” harapnya.

 

BERITA REKOMENDASI