Wakili Kapanewon Ngaglik, RW 11 Kandangsari Maju Lomba Hatinya PKK

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – PKK RW 11 Dusun Kandangsari, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman maju Lomba Hatinya PKK tahun 2022. Penilaian tingkat Kabupaten Sleman pun telah dilakukan pada Jumat (20/5/2022) sore.

Ketua RW 11 Kholisin saat ditemui disela penilaian berharap dengan usaha keras warganya tanpa mengenal lelah, bisa meraih juara tingkat Kabupaten Sleman.

“Warga kami sangat antusias menyambut lomba ini. Mulai dari para pemudanya, orang tua maupun ibu-ibu bahu membahu untuk mempersiapkan lomba dengan sebaik mungkin. Persiapan relatif singkat hanya satu minggu, namun untuk tanamannya sudah ditanam kurang lebih sejak 7 bulan lalu,” jelasnya.

Keikutsertaan PKK RW 11 Kandangsari dalam lomba tersebut merupakan bagian dari melaksanakan amanah Padukuhan Losari yang ditunjuk dari Pokja 3 Kapanewon Ngaglik, PKK Kalurahan Desa Sukoharjo untuk mengikuti lomba Hatinya PKK Tahun 2022 tingkat Kabupaten Sleman mewakili Kapanewon Ngaglik.

Hakikat lomba hatinya PKK adalah mengajak tiap rumah, tiap keluarga memanfaatkan halaman pekarangan rumah untuk budidaya ikan, budidaya unggas, budidaya tanaman sayuran, tanaman buah, lumbung hidup, apotik hidup, warung hidup, tanaman hias dan bagi yang halamannya sempit bisa ditanam di pot (tabulapot ).

“Diharapkan masyarakat dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga. bahkan dapat menambah perekonomian masyarakat, karena adanya hasil budidaya ikan, budidaya unggas, menanam ragam tanaman di halaman rumah bisa untuk menambah pemenuhan kebutuhan sehari hari serta jika ditanam tanaman dalam jumlah banyak dapat memiliki nilai ekonomi kreatif keluarga, yang tujuan akhir diharapkan akan tercipta keluarga yang unggul, berdaya saing dengan menerapkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi dan menambah ekonomi keluarga,” imbuh Kholisin.

Lomba mengambil tema Keluarga Unggul Berdaya Saing Serta Tumbuhnya Ekonomi Kreatif Sehingga dapat Menerapkan Pola Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi dan Berimbang.

Adapun tujuannya, agar tercipta kesadaran setiap keluarga unggul dapat memanfaatkan tanah pekarangan di sekitar rumah untuk budidaya ragam tanaman sayuran, budidaya ikan dan unggas juga berdirinya Bank sampah dan kemompok kerajinan daur ulang sampah yang dapat memberi manfaat positif secara ekonomi, disaming dapat membantu terbiasa menerapkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi dan berimbang.
(Puguh)

BERITA REKOMENDASI