Warga Antusias Padusan di Blue Lagoon

SLEMAN, KRJOGJA.com – Memasuki bulan Ramadan masyarakat memiliki tradisi yang biasa disebut ' Padusan'. Salah satunya di wisata air 'Blue Lagoon terletak di Dusun Dalem Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak, Sleman mereka berbondong-bondong mandi sebagai mensucikan diri.

Tradisi ' Padusan' barangkali memiliki penyebutan yang berbeda di setiap daerah. Meski demikian, tradisi ini diyakini memiliki manfaat untuk meluruskan niat serta membersihkan kotoran dalam diri, baik secara lahiriah maupun batiniah.

Warga asal Tempel, Ali Guntoro, 30, mengatakan sengaja datang ke Blue lagoon sejak pagi hari untuk melakukan Padusan jelang puasa. “ Biasanya saya padusan di pantai parangtritis, namun kali ini imencoba ke blue lagoon yang merupakan wisata baru, sekalian mau main juga,” kata Ali dilokasi. Minggu (05/05/19) pagi.

Pria yang baru pertama kali ke blue lagoon ini mengaku cukup puas dengan kedatangannya ke blue lagoon, sebab, selain air yang jernih, udara di desa wisata tersebut juga sejuk dengan banyaknya pohon. "Tempatnya saja kurang besar, apalagi kalau padusan seperti ini pasti cukup ramai,” katanya.

Pengurus  kawasan wisata ini Haryanto mengatakan adanya tradisi padusan, pengunjung yang mandi naik 10 kali lipat dibanding biasanya. Di hari biasa 100 pengunjung, saat padusan sebelum ramadan bisa hingga 1000 pengunjung. 

Kendati demikian, kata Haryanto para pengurus tidak menaikan harga tiket dari hari biasanya. Sebaliknya, pengurus akan menambah fasilitas penunjang lainnya guna menghadapi lonjakan pengunjung saat Lebaran. (Ive)

BERITA REKOMENDASI