Warga Banyu Urip Kirab Tirta Panggesangan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Warga Banyu Urip Margoagung Seyegan Sleman menggelar kirab budaya dan upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI, Rabu (16/08/2016). Dalam kirab itu, tirta panggesangan dikirab dari sumber gayam sebagai simbol kehidupan dan kemakmuran bagi masyarakat.

Acara itu diawali ratusan orang yang tergabung di bergada Gadung Mlati Banyu Urip, Mrapen Ngetal, Randu Alas Tegal Gentan, Nolokaryo Gentan, Tambakboyo Ngino, Bergas Ngino, Mekarsari Topadan mengambil tirta panggesangan. Air yang dimasukkan ke dalam tiga kendi sebagai simbol air kehidupan, air kemakmuran dan air kesejahteraan diarak keliling Dusun Banyu Urip.

Setelah dikirab, air dibawa ke lokasi upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI. Tiga kendi yang berisi air itu diserahkan ke sesepuh warga dengan tujuan air itu bermanfaat bagi masyarakat dan membawa kemakmuran serta kesejahteraan.

Acara dilanjutkan dengan upacara peringatan HUT ke-71 dengan suasana jawa mulai bahasa, pakaian hingga musik pengiring upacara juga menggunakan musik tradisional, yaitu klenengan atau gending-gending jawa.

Ketua Panitia acara Priyo Sujono menjelaskan, menurut cerita leluhur, salah satu sumber mata air di wilayah tersebut. Air itu dimanfaatkan masyarakat untuk minum dan makan, serta sektor pertanian. Mengingat mayoritas masyarakat di wilayah itu sebagai petani.

"Air ini sebagai bentuk penting dalam kehidupan kita. Kirab ini sebagai bentuk rasa syukur kami atas melimpahnya air sehingga masyarakat bisa makmur dan sejahtera. Kirab budaya ini baru pertama kali dan rencananya dilaksanakan setiap tahun sekaligus memperingati HUT kemerdekaan, " terangnya.

Sedangkan upacara bernuansa jawa ini disesuaikan dengan budaya Jawa. Hal ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah, serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Biasanya, upacara 17-an ini digelar oleh instansi pemerintahan saja. Tapi kami mengadakan sendiri agar masyarakat merasa punya tanggung jawab terhadap bangsa ini dan menjaga persatuan, " terangnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI