Warga Lereng Merapi Kembali Gelar ‘Merti Umbul Kembar’

SLEMAN, KRJOGJA.com- Warga lereng Gunug Merapi yakni Dusun Banteng Desa Hargobinangun Pakem dan Dusun Sidorejo Desa Umbulharjo Cangkringan kembali menyelenggarakan Tradisi Kirab Budaya Lereng Merapi yakni Merti Umbul Kembar 2019 di Pelataran Sabo Dam KU-RD 2 Dusun Bendosari Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Sleman, Minggu (03/02/2019).

Kali ini, penyelenggaraannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tradisi budaya ini juga ikut dikirab pusaka, gunungan dan kendi berisi air oleh bregada. Usai doa bersama, tujuh kendi dari wilayah yang memanfaatkan mata air tersebut kemudian dipecahkan di dekat umbul kembar. 

Tujuannya tak lain agar mata air ini bisa langgeng dan terus mengaliri kebutuhan masyarakat dari tujuh wilayah yang ada di Desa Umbulharjo Cangkringan dan Desa Hargobinangun Pakem.

"Tradisi kirab budaya lereng Merapi ini jadi agenda ketiga. Dulu pertamakali tidak dengan kirab bregada dan gunungan, tetapi sekarang ada bregada dan gunungannya. Selain agar meriah, acara budaya ini juga sebagai ungkapan syukur kepada yang maha kuasa karena masyarakat masih bisa dapat air bersih dari Umbul Kembar ini," ungkap Kepada Desa Hargobinangun, Rushartadi.

Sementara Anas Mubakkir selaku Kasi Sejarah dan Nilai Tradisi Dinas Kebudayaan Sleman menyatakan dukungannya dengan kegiatan ini. Sebab warga masih melestarikan tradisi dan lingkungan termasuk menjaga serta merawatnya dengan baik. (Adk)

BERITA REKOMENDASI