Warga Rentan di Lereng Merapi Mulai Mengungsi di Glagaharjo

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kelompok warga rentan yang terdiri dari lanjut usia (lansia), ibu hamil, anak-anak dan difabel yang berada di kawasan lereng Merapi Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman mulai menempati barak pengusian di Glagaharjo, Sabtu (7/11/2020). Para warga tersebut terlebih dahulu mendapat prioritas setelah aktivitas Merapi mengalami peningkatan dan dinyatakan siaga (level III).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto mengatakan ada 133 orang dari kelompok rentan yang diungsikan ke Barak Pengungsian Glagaharjo. Seluruh warga berasal dari Kalitengah Lor yang diungsikan sesuai standar operasional kenaikan status Merapi ke level III.

“Ini semua pengungsi dari Kalitengah Lor. Tercatat ada kelompok rentan 133 orang terdiri dari lansia ada 95 orang dan anak-anak ada 30 orang kemudian ibu hamil ada 3 orang dan untuk difabel ada 5 orang. Ini sesuai dengan SOP apabila status Merapi itu dari level II ke siaga level III itu kelompok rentan dan ternak harus diungsikan karena nanti pas naik level lagi (ke awas) semua kan harus turun. Kalau lansia dan anak-anak disuruh terburu-buru nanti susah,” ungkap Joko pada wartawan.

BERITA REKOMENDASI