Warga Rentan di Lereng Merapi Mulai Mengungsi di Glagaharjo

Joko mengungkap keseluruhan warga Kalitengah Lor yang direkomendasikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masuk dalam kawasan terdampak Gunung Merapi tercatat mencapai 500 orang. Pihaknya juga mempersiapkan Barak Pengungsian Glagaharjo pihaknya juga mengaktifkan pengungsian di Gayam Argomulyo Cangkringan yang kini sedang digarap partisi atau sekat protokol kesehatannya.

“Barak yang disiapkan kalau untuk Kalitengah Lor sudah cukup. Tapi karena nanti mengungsi semuakan kita ada 500 orang. Kita siapkan di barak Gayam, Argomulyo nanti kita buatkan partisi. Sementara masih siaga ditempatkan di sini. Kalau awas kan semua nanti lari ke sana. Kapasitas sana sekitar 300 an orang,” sambung Joko.

Terkait ternak juga mendapat perhatian. Secara terus-menerus hewan ternak warga akan dievakuasi ke lokasi aman dan disiapkan kandang serta pakannya.

Di sisi lain, warga juga sudah mempersiapkan diri membawa harta benda apabila diminta turun mengungsi. Warga disebut sudah bersiap dan hafal dengan kondisi alam di Merapi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI