Warnai Kisah Masa Kecil, Pengelola Museum UGM Berharap Obama Mampir

SLEMAN, KRJOGJA.com – Hanya tersisa sebuah rumah bergaya Indis di blok D7 Sekip UGM Bulaksumur. Para pelaku sejarahnya sebagian besar telah berpulang hanya menyisakan ingatan dari Maya Soetoro dan Barrack Obama saja bersama pengelola tempat yang saat ini menjadi Museum UGM ini.

Namun, ternyata kisah nostalgia tak berhenti di situ saja. Sederet kenangan tak lekang waktu dan diceritakan dari mulut ke mulut sehingga menjadi sebuah sejarah yang mewarnai kehidupan.

Inilah yang coba disampaikan Widodo STP MSc, pemrakarsa sdkaligus pengelola Museum UGM kepada KRjogja.com Selasa (27/6/2017) sehari sebelum kunjungan wisata Barrack Obama bersama keluarga ke Yogyakarta. Kenangan meluncur ketika tahun 2013 lalu adik Obama, Maya Soetoro datang dan menceritakan kisah kakaknya saat berada di Yogyakarta untuk berlibur di periode 1967-1971.

Budhe Tiri Obama, Ibu Iman Soetiknjo ternyata menaruh cinta yang luar biasa pada Obama kecil. Sampai-sampai setiap berkunjung ke Yogyakarta, Obama selalu dibelikan ayam utuh atau ingkung untuk jadi santapan wajib.

"Budhe tirinya itu sangat sayang pada Obama kecil, beliau itu suka membelikan ayam utuh kalau orang Jawa menyebut itu ingkung. Katanya, Obama suka sekali makan ayam ingkung itu," ungkapnya.

Baca Juga : Rumah Tua di Sekip UGM Jadi Saksi Perjalanan Masa Kecil Obama di Yogya

Tak heran, meski terkesan hanya sebagian kecil kisah sejarah, namun pengelola berharap Barrack Obama bersedia mampir ke museum yang terletak di kompleks UGM tersebut dalam kunjungan wisata ke Yogyakarta. "Kami berharap sebagai pengelola dan pendiri museum UGM beliau bisa mampir, bisa mengenang masa kecil dan masih ada juga lho pohon yang sering dibuat 'penekan' dulu," ungkapnya lagi.

Rombongan Obama berdasar informasi yang dihimpun dijadwalkan tiba di Yogyakarta Rabu (28/6/2017) siang usai menyelesaikan wisatanya di Pulau Bali. Beberapa destinasi wisata kemungkinan bakal dijajal selama dua hari kunjungan seperti Candi Prambanan dan Borobudur. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI