Waspada, Januari Diprediksi Puncak DBD

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman memprediksikan puncak Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Januari 2022. Untuk saat ini jumlah kasus DBD Kabupaten Sleman sekitar 203 penderita dengan 1 orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr Cahya Purnama MKes mengatakan, pada musim hujan ini memang ada peningkatan. Namun jumlah peningkatannya tidak signifikan. Bahkan cenderung menurun jika dibandingkan tahun kemarin.

“Kalau dilihat dari jumlah bulan-bulan sebelumnya, memang ada peningkatan. Tapi jumlahnya tidak signifikan,” kata Cahya, Kamis (9/12/2021) malam.

Menurutnya, selama tahun ini jumlah kasus DBD di Sleman sebanyak 203 orang dengan 1 orang meninggal 1. Mulai Agustus 2021 lalu ada penambahan kasus 11 orang, September 10 orang, Oktober 21 orang dan November 18 orang.

“Kalau dibanding dengan bulan yang sama pada tahun 2020 lalu, ada penurunan. Misalnya saja bulan kemarin (November) ada 18 orang, tapi tahun lalu ada 25 orang,” ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr Novita Krisnaeni menambahkan, meningkatnya penyakit DBD ini dipengaruhi oleh musim penghujan. Pihaknya memprediksikan puncak DBD pada Januari mendatang.

“Ketika musim hujan, kasus DBD mulai ada kenaikan. Perkiraan kami, puncaknya Januari 2022,” katanya.(Sni)

BERITA REKOMENDASI