Wisatawan Padati Lava Bantal

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejumlah kawasan wisata di Sleman pada musim liburan dibanjiri pengunjung.  Goe Heritage Lava Bantal yang terletak di Jogotirto Berbah Sleman salah satunya. Tak seperti hari biasanya,  pengunjung naik hingga ribuan orang setiap harinya. 

Wisata yang dikenal berasal dari batuan lava di aliran Sungai Opak ini terbentuk dari lelehan Lava Gunung Merapi yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal mampu menarik pengunjung dimusim liburan. Masyarakat setempat sering menyebutnya wisata lava bantal.

Adapun wahanan yang ditawarkan kepada pengunjung adalah river tubing atau arum jeram di area Lava Bantal. Menurut salah satu pengelola Lava Bantal Marbangun mengatakan, tiga hari semenjak hari H Lebaran, sudah ribuan pengunjung memadati objek ini, bahkan setiap harinya mencapai sekitar seribu lebih. 

"Rame banget pas liburan seperti saat ini. Biasanya mulai jam 12 siang sampai sore sudah padat pengunjung.  Apa lagi kemarin full pas ada acara kesenian Jathilan juga dari dinas Sleman," kata Marbangun di lokasi, Sabtu (08/06/2019).   

Kesenian Jathilan yang dihadirkan oleh Dinas Sleman ternyata menambah jumlah pengunjung, bahkan pengunjung ikut berpartisipasi menyaksikan acara tersebut. "Hari-hari biasa sepi, kadang 100 saja tidak sampai pengunjung ke sini, tambahnya. 

Meskipun wahana River Tubing sementara ditutup karena air sungai sedikit menyusut, namun pengunjung tetap sapat menikmati wisata Lava Bantal. Misalnya dengan berenang di sekitar sungai.

"Karena musimnya kemarau, kondisi air juga tidak banyak. Tapi untuk mandi di tepi sungai itu masih boleh. Ada pengawasan juga dan pengunjung tetap diimbau menggunakan pakain safety," ucapnya. 

Untuk biaya arung jeram para pengunjung bandrol dengan harga Rp 55.000 perorang. Fasilitasi yang pengunjung dapatkan meliputi pendampingan pemandu, asuransi, transportasi balik dan juga minuman soft drink.

Untuk masuk ke wisata Lava Bantal,  pengunjung cukup membayar jasa parkir. Bagi motor Rp 2.000 sedangkan mobil Rp 5.000 rupiah. 

"Kami juga memiliki spot foto selfi favorit di depan tulisan Lava Bantal dan juga di batu lava sisi sungai," ujarnya.

Sementara salah satu pengunjung asal Jakarta, Gilang ( 9) merasa senang dapat berkunjung ke Lava Bantal. "Seneng bisa main air, bisa renang juga, selulup bareng saudara," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI