Wujudkan Pilkades yang Berintegritas, 86 Panwasdes Sleman Resmi Dilantik

SLEMAN, KRJOGJA.com – Panitia Pengawas Pemilu Desa (Panwasdes) di Kabupaten Sleman dikukuhkan. Pelantikan dilakukan secara serentak di 17 kecamatan yang ada di Sleman.

Berdasarkan data dari Pawaslu Sleman, total ada 217 berkas yang masuk di semua wilayah dan dinyatakan memenuhi batas minimal. Dari jumlah itu yang lolos administrasi ada 199 orang. Dari 86 desa pendaftar tertinggi Desa Caturtunggal Depok, dengan enam orang. Di susul Desa Sidoarum Kecamatan Godean dan Purwobinangun Pakem masing-masing lima pendaftar.

Untuk pelantikan tidak dijadikan satu melainkan di masing-masing kec amatan, menurut Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaskab Sleman, ViciHerawati karena yang berhak melantik adalah Panwaslu tingkat kecamatan, untuk itu pelantikkannya di fasilitasi oleh sekretariat Panwascam.

"Selain itu yang melantik juga adalah Ketua Panwaslu Kecamatan atau anggotanya. Namun secara keseluruhan kami dari tingkat kabupaten, berpesan kepada Panwasdes dapat menjaga integritas pengawas Pemilu dengan sebaik-nya, sehingga dapat mewujudkan Pemilu yang berintegritas," katanya, Minggu (4/4/2018).

Semua Panwasdes yang dilantik juga diharapkan dapat langsung mempersiapkan diri untuk dapat langsung mengawal proses Pemilu yang sudah berjalan. Terutama tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih yang akan segera dimulai pada pertengahan bulan ini.

Di Kecamatan Depok, yang terpilih sebagai Panwasdes adalah Udit Bagaskoro dari Desa Condongcatur, Akhyar Hisyam dari Desa Caturtunggal dan Bramasta dari Desa Maguwoharjo.

"Panwasdes adalah ujung tombak dalam hal pengawasan. Diharapkan mereka memiliki tekad yang kuat untuk mengantarkan pemilu 2019 menjadi pemilu yang berintegritas," kata Ketua Panwascam Depok, Mujibur. (Awh)

BERITA REKOMENDASI