Yang Muda Jangan Salah Pilih Pemimpin

SLEMAN (KRjogja.com) – Ratusan pelajar SMA/MA/SMK se-Kabupaten Sleman mengikuti Training of Trainer Pemilihan OSIS (Pemilos) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Selasa (26/7/2016). Mereka juga mengikuti simulasi proses Pemilos yang dibuat sama layaknya pemilihan kepala daerah.

Komisioner KPU Sleman Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat (Humas) Indah Sri Wulandari mengatakan, meski saat ini KPU tidak ada kegiatan tahapan. Namun KPU tetap memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan pemilih.

"Pelajar sengaja kami libatkan. Karena mereka adalah pemilih pemula. Apalagi peserta yang datang, semuanya belum berusia 17 tahun. Itu artinya mereka belum pernah terlibat dalam proses demokrasi tingkat nasional," katanya di Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Dalam kesempatan tersebut diberi materi tentang pendidikan karakter. Karena kedepan mereka harus siap menjadi calon pemimpin yang dipilih maupun tidak dipilih. Selain itu juga disiapkan untuk menjadi penyelenggara.

Selain pelajar yang terutama adalah pengurus OSIS, KPU juga mengundang guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). "Karena guru PKn yang bersentuhan langsung dengan materi demokrasi dan kepemilihan," jelas Indah.

Indah berharap, nantinya pelajar ini bisa menjadi pemilih cerdas, bertanggungjawab dan berkarakter. Jangan sampai Golput. Karena satu suara mereka sangat menentukan siapa yang menjadi pemimpin. (Awh)

BERITA REKOMENDASI