Yoga di Omah Petroek, “Healing” di Festival Cinta dengan Menu Keragaman Indonesia

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Omah Petroek menjadi tuan rumah penyelenggaraan project bertajut Festival Cinta, Sabtu (19/2/2022). Menarik, kali ini penyelenggaraan dilakukan dengan melibatkan berbagai kesenian yang dipadukan dengan olah tubuh yoga sebagai sarana healing para peserta.

Frieda Yotaliana, Inisiator Festival Cinta, mengatakan secara keseluruhan ada 40 peserta yang terlibat dalam kegiatan di Omah Petroek. Secara umum, peserta diajak untuk berolahraga dan berolahrasa dengan yoga yang kali ini dikolaborasikan dengan bermacam kesenian.

“Kami kolaborasikan dengan komunitas Pakat Dayak dari Universitas Sanata Dharma, membawa yoga dengan instrumen Dayak, baru pertama kali ini terjadi. Kami juga undang
Shierilla, sound healer yang membawa yoga lebih mendalam dengan singing bowlnya. Ada juga kolaborasi Sufi dengan tari Jawa,” ungkapnya di sela acara.

Kegiatan Festival Cinta sebelumnya direncanakan dalam waktu tiga hari. Namun, lantaran PPKM level 3, akhirnya penyelenggara memampatkan menjadi satu hari penuh dari pagi hingga malam hari di Omah Petroek.

“Ternyata antusiasme peserta masih sangat luar biasa meski kita kembali PPKM level 3. Ke depan mungkin akan diselenggarakan lagi dengan kreasi yang berbeda,” sambungnya.

Shierilla, seorang sound healer yang mempelajari Singing Bowl langsung dari India menceritakan bahwa cara healing yang saat ini sedang hype di kalangan anak muda sangat beragam. Tak hanya dengan berjalan jauh untuk merefresh pikiran, namun healing bisa dilakukan dengan mudah dan murah menggunakan metode meditasi dengan mendengarkan suara.

“Healing itu bisa dilakukan dengan metode mendengarkan suara, salah satunya dengan bantuan singing bowl ini. Nada yang dikeluarkan bowl ini bisa membuat kita lebih tenang dan mengeluarkan hormon-hormon yang membuat kita bahagia, tenang dan mengobati,” ungkapnya.

Shierilla juga menceritakan bahwa Singing Bowl bisa digunakan untuk pengobatan penyakit bahkan menambah kejantanan atau memperbaiki hal-hal terkait reproduksi. Nada-nada tertentu yang dihasilkan singing bowl dinilai bisa mengobati dan menyembuhkan, terlebih karena tubuh manusia didominasi air yang lebih peka pada rangsangan bunyi.

“Misalnya saja untuk nada D, bisa digunakan untuk menyembuhkan, terapi area reproduksi. Jadi, singing bowl dengan ukuran berbeda akan menghasilkan nada berbeda apabila dipukul. Inilah yang digunakan untuk terapi. Namun untuk healing, cukup satu singing bowl sesuai nada yang diinginkan,” sambungnya.

Omah Petroek dengan karakter menyatu dengan alam memang kerap kali digunakan untuk acara-acara yang membutuhkan ketenangan dan olahrasa. Belum lama ini ini sempat pula digelar YogArt yakni yoga digabungkan dengan seni lintas genre. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI